ILMU PENDIDIKAN TENTANG PENGARUH KETERLIBATAN ORANG TUA TERHADAP MINAT MEMBACA ANAK DITINJAU DARI PENDEKATAN STRES LINGKUNGAN
BAB I
PENDAHULUAN
Tiap bulan September diperingati sebagai Bulan Gemar Membaca dan Hari Kunjung Perpustakaan. Melalui peingatan itu diharapkan masyarakat menjadi gemar membaca, khususnya anak-anak Sekolah Dasar (SD); sebab membaca adalah kunci untuk keberhasilan belajar siswa di sekolah. Kemampuan membaca dan minat membaca yang tinggi adalah modal dasar untuk keberhasilan anak dalam berbagai mata pelajaran.
Sejak tahun 1995 sampai sekarang, media massa selalu memuat berita mengenai minat membaca masyarakat, terutama minat membaca anak-anak SD. Misal harian Suara Merdeka menulis tajuk rencana dengan judul Kegemaran Membaca Belum Seperti Yang Diharapkan (Suara Merdeka, 1995). Kompas memuat artikel Rumah Baca, Upaya Menumbuhkan Minat Baca (Kompas, 1995) dan Pikiran Rakyat (2000) melalui tulisan Wakidi yang berjudul Minat Membaca Anak Sekolah Dasar juga ikut prihatin dengan minat membaca anak SD yang rendah. Media elektronik seperti televisi juga ikut menayangkan iklan layanan masyarakat untuk meningkatkan minat membaca.
Tulisan di surat kabar dan tayangan iklan layanan masyarakat di televisi pada intinya menyuarakan kepihatinan terhadap minat membaca anak-anak yang masih rendah. Padahal masalah minat membaca merupakan persoalan yang penting dalam dunia pendidikan. Anak-anak SD yang memiliki minat membaca tinggi akan berprestasi tinggi di sekolah, sebaliknya anak-anak SD yang memiliki minat membaca rendah, akan rendah pula prestasi belajarnya (Wigfield dan Guthrie, 1997).
Hampir tiap tahun orang tua diingatkan untuk menanamkan dan menumbuhkan minat membaca anak melalui media massa, namun keluhan bahwa minat membaca anak tetap rendah masih selalu terdengar. Nampaknya belum ditemukan cara yang efektif untuk melibatkan orang tua dalam menolong meningkatkan minat membaca. Belum banyak diteliti mengenai faktor-faktor yang menentukan bagaimana cara melibatkan orang tua untuk meningkatkan minat membaca anak. Pemahaman terhadap faktor-faktor tersebut dapat digunakan untuk mengembangkan intervensi yang efektif untuk meningkatkan keterlibatan orang tua dalam menumbuhkan minat membaca anak di keluarga masing-masing.
Kesulitan untuk melibatkan orang tua menjadi makin bertambah pada keluarga dengan sosial ekonomi rendah. Krisis ekonomi, bencana alam dan kerusuhan di beberapa daerah di Indonesia menambah jumlah keluarga miskin sehingga mereka tersisih dari kehidupan kota dan tinggal di kantong-kantong kemiskinan. Mereka sering mengalami pertengkaran dalam masalah keuangan keluarga sehingga mengalami stres tiap hari. Stres ini mkin bertambah tinggi oleh stres kerja, tinggal di daerah kumuh, panas, bising dan sesak, persoalan kegagalan pendidikan anak dan laju kelahiran anak yang sulit dikendalikan. Tumpukan stres ini menyita dan membuang energi orang tua untuk hal yang negatif dan perhatian mereka tidak terpusat untuk terlibat menolong anak dalam membaca sehingga minat membaca anak tidak tumbuh dan berkembang.
Berdasarkan permasalahan tersebut, maka secara berurutan akan dibahas mengenai minat membaca anak, pendekatan stres lingkungan dan yang terakhir pengaruh keterlibatan orang tua terhadap minat membaca anak ditinjau dari pendekatan stres lingkungan.
1. LATAR BELAKANG
Dalam kegiatan pembelajaran tidak terlepas dari berbagai variabel pokok yang saling berkaitan yaitu kurikulum, guru/pendidik, pembelajaran, peserta. Dimana semua komponen ini bertujuan untuk kepentingan peserta. Berdasarkan hal tersebut pendidik dituntut harus mampu menggunakan berbagai model pembelajaran agar peserta didik dapat melakukan kegiatan belajar. Hal ini dilatar belakangi bahwa peserta didik bukan hanya sebagai objek tetapi juga merupakan subjek dalam pembelajaran. Peserta didik harus disiapkan sejak awal untuk mampu bersosialisasi dengan lingkungannya sehingga berbagai jenis model pembelajaran yang dapat digunakan oleh pendidik.
Model-model pembelajaran sosial merupakan pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan di kelas dengan melibatkan peserta didik secara penuh (student center) sehingga peserta didik memperoleh pengalaman dalam menuju kedewasaan, peserta dapat melatih kemandirian, peserta didik dapat belajar dari lingkungan kehidupannya.
2. TUJUAN
Makalah ini dirancang untuk mahasiswa Program S1 PGSD. Oleh sebab itu dalam penyajiannya diharapkan dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang berbagai konsep model pembelajaran dan penerapan model pembelajaran di kelas.
3. TOPIK BAHASAN
Untuk meningkatkan pemahaman berbagai model pembelajaran, dalam makalah ini akan dibahas tentang :
a. Model pembelajaran partisipatif dalam pembelajaran yang berwawasan kemasyarakatan.
b. Model pendekatan pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran yang berwawasan kemasyarakatan.
c. Model pembelajaran mandiri dalam pembelajaran yang berwawasan kemasyarakatan.
BAB II
MINAT MEMBACA
A. Minat Membaca Anak
Aktivitas membaca akan dilakukan oleh anak atau tidak sangat ditentukan oleh minat anak terhadap aktivitas tersebut. Di sini nampak bahwa minat merupakan motivator yang kuat untuk melakukan suatu aktivitas.
Secara umum minat dapat diartikan sebagai suatu kecenderungan yang menyebabkan seseorang berusaha untuk mencari ataupun mencoba aktivitas-aktivitas dalam bidang tertentu. Minat juga diartikan sebagai sikap positif anak terhadap aspek-aspek lingkungan. Ada juga yang mengartikan minat sebagai kecenderungan yang tetap untuk memperhatikan dan menikmati suatu aktivitas disertai dengan rasa senang.
Meichati (1972) mengartikan minat adalah perhatian yang kuat, intensif dan menguasai individu secara mendalam untuk tekun melalukan suatu aktivitas.
Aspek minat terdiri dari aspek kognitif dan aspek afektif. Aspek kognitif berupa konsep positif terhadap suatu obyek dan berpusat pada manfaat dari obyek tersebut. Aspek afektif nampak dalam rasa suka atau tidak senang dan kepuasan pribadi terhadap obyek tersebut.
Membaca adalah proses untuk memperoleh pengertian dari kombinasi beberapa huruf dan kata. Juel (1988) mengartikan bahwa membaca adalah proses untuk mengenal kata dan memadukan arti kata dalam kalimat dan struktur bacaan. Hasil akhir dari proses membaca adalah seseorang mampu membuat intisari dari bacaan.
Secara operasional Lilawati (1988) mengartikan minat membaca anak adalah suatu perhatian yang kuat dan mendalam disertai dengan perasaan senang terhadap kegiatan membaca sehingga mengarahkan anak untuk membaca dengan kemauannya sendiri. Aspek minat membaca meliputi kesenangan membaca, kesadaran akan manfaat membaca, frekuensi membaca dan jumlah buku bacaan yang pernah dibaca oleh anak. Sinambela (1993) mengartikan minat membaca adalah sikap positif dan adanya rasa keterikatan dalam diri anak terhadap aktivitas membaca dan tertarik terhadap buku bacaan. Aspek minat membaca meliputi kesenangan membaca, frekuensi membaca dan kesadaran akan manfaat membaca.
Berdasar pendapat-pendapat di atas maka dapat disimpulkan bahwa minat membaca adalah kekuatan yang mendorong anak untuk memperhatikan, merasa tertarik dan senang terhadap aktivitas membaca sehingga mereka mau melakukan aktivitas membaca dengan kemauan sendiri. Aspek minat membaca meliputi kesenangan membaca, frekuensi membaca dan kesadaran akan manfaat membaca.
Minat membaca perlu ditanamkan dan ditumbuhkan sejak anak masih kecil sebab minat membaca pada anak tidak akan terbentuk dengan sendirinya, tetapi sangat dipengaruhi oleh stimulasi yang diperoleh dari lingkungan anak. Keluarga merupakan lingkungan paling awal dan dominan dalam menanamkan, menumbuhkan dan membina minat membaca anak. Orang tua perlu menanamkan kesadaran akan pentingnya membaca dalam kehidupan anak, setelah itu baru guru di sekolah, teman sebaya dan masyarakat.
Mulyani (1978) berpendapat bahwa tingkat perkembangan seseorang yang paling menguntungkan untuk pengembangan minat membaca adalah pada masa peka, yaitu sekitar usia 5 s/d 6 tahun. Kemudian minat membaca ini akan berkembang sampai dengan masa remaja.
Minat membaca pertama kali harus ditanamkan melalui pendidikan dan kebiasaan keluarga pada masa peka tersebut. Anak usia 5 s/d 6 tahun senang sekali mendengarkan cerita. Mula-mula mereka tertarik bukan pada isi ceritanya, tetapi pada kenikmatan yang diperoleh dalam kedekatannya dengan orang tua. Ketika duduk bersama atau duduk di pangkuan orang tua, anak merasakan adanya kasih sayang dan kelembutan. Suasana yang menyenangkan dan didukung oleh buku cerita yang penuh gambar-gambar indah akan membuat anak menjadi tertarik dan senang menikmati cerita dari buku. Melalui proses imitasi, anak akan suka menirukan aktivitas membacakan cerita yang dilakukan oleh orang tuanya. Peniruan ini akan semakin diulang bila anak juga sering melihat orang tua melakukan aktivitas membaca. Anak akan meniru gaya dan tingkah laku orang tua dalam membaca. Kemudian setelah anak mampu membaca sendiri, maka ia akan senang sekali mempraktekkan kemampuan membacanya dengan membaca sendiri buku-buku yang tersedia di rumah. Kemauan untuk membaca buku atas inisiatif diri sendiri ini adalah awal tumbuhnya minat membaca anak. Perkembangan selanjutnya dari minat membaca ini dipengaruhi oleh beberapa faktor.
Ada dua kelompok besar faktor yang mempengaruhi minat membaca anak, yaitu faktor personal dan faktor institusional (Purves dan Beach, dalam Harris dan Sipay, 1980). Faktor personal adalah faktor-faktor yang ada dalam diri anak, yaitu meliputi usia, jenis kelamin, inteligensi, kemampuan membaca, sikap dan kebutuhan psikologis. Sedangkan faktor institusional adalah faktor-faktor di luar diri anak, yaitu meliputi ketersediaan jumlah buku-buku bacaan dan jenis-jenis bukunya, status sosial ekonomi orang tua dan latar belakang etnis, kemudian pengaruh orang tua, guru dan teman sebaya anak.
Ada perbedaan minat anak terhadap buku bila ditinjau dari usia kronologis anak. Ediasari (Ayahbunda, 1983) berpendapat bahwa pada usia antara dua sampai dengan enam tahun anak-anak menyukai buku bacaan yang didominasi oleh gambar-gambar yang nyata. Pada usia tujuh tahun anak menyukai buku yang didominasi oleh gambar-gambar dengan bentuk tulisan besar-besar dan kata-kata yang sederhana dan mudah dibaca. Biasanya pada usia ini anak sudah memiliki kemampuan membaca permulaan dan mereka mulai aktif untuk membaca kata. Pada usia 8 s/d 9 tahun, anak-anak menyukai buku bacaan dengan komposisi ganbar dan tulisan yang seimbang. Mereka biasanya sudah lancar membaca, walaupun pemahaman mereka masih terbatas pada kalimat singkat dan sederhana bentuknya. Kemudian pada usia 10 s/d 12 tahun anak lebih menyukai buku dengan komposisi tulisan lebih banyak daripada gambar. Pada usia ini
kemampuan berpikir abstrak dalam diri anak mulai berkembang sehingga mereka dapat menemukan intisari dari buku bacaan dan mampu menceritakan isinya kepada orang lain.
Munandar (1986) menemukan ada perbedaan minat anak terhadap isi cerita ditinjau dari perkembangan usia kronologis anak. Pada usia 3 s/d 8 tahun anak menyukai buku cerita yang berisi mengenai binatang dan orang–orang di sekitar anak. Pada masa ini anak bersikap egosentrik sehingga mereka menyukai isi cerita yang berpusat pada kehidupan di seputar dirinya. Mereka juga menyukai cerita khayal dan dongeng. Pada usia 8 – 12 tahun anak menyukai isi cerita yang lebih realistik.
Munandar juga menemukan ada perbedaan umum antara minat membaca anak laki-laki dan perempuan dalam sifat dan tema cerita, walaupun perbedaan ini tidak bersifat pilah sama sekali; artinya anak-anak perempuan juga menikmati bacaan anak-anak laki-laki dan sebaliknya. Pada umumnya anak-anak perempuan menyukai buku cerita dengan tema kehidupan keluarga dan sekolah. Anak-anak laki-laki lebih menyukai buku cerita mengenai pertualangan, kisah perjalanan yang seram dan penuh ketegangan, cerita kepahlawanan dan cerita humor.
Faktor institusional memiliki pengaruh yang kuat terhadap perkembangan minat membaca anak. Keluarga dengan status sosial ekonomi tinggi, mampu menggunakan tingkat pendidikannya yang tinggi untuk memperoleh informasi mengenai buku-buku yang perlu untuk perkembangan kognitif dan afektif anak. Didukung oleh penghasilan mereka yang cukup tinggi, maka orang tua dapat menyediakan buku-buku bacaan untuk anak dengan jenis yang beragam. Slavin (1998) menemukan ada perbedaan aktivitas orang tua dalam membimbing anak antara keluarga dengan status sosial ekonomi tinggi dengan status sosial ekonomi rendah. Orang tua dengan status sosial ekonomi tinggi memiliki harapan tinggi terhadap keberhasilan anak di sekolah dan mereka sering memberi penghargaan terhadap pengembangan intelektual anak. Mereka juga mampu menjadi model yang bagus dalam berbicara dan aktivitas membaca. Orang tua sering membaca bersama anak, memberika pujian kepada anak saat anak membaca buku atas inisiatif sendiri, membawa anak ke toko buku dan mengunjungi perpustakaan dan mereka menjadi model bagi anak dengan lebih sering memanfaatkan waktu luang untuk membaca.
Orang tua dengan status sosial ekonomi rendah sering memberi contoh negatif dalam berbicara, terutama saat mereka bertengkar karena keterbatasan keuangan keluarga. Mereka juga jarang memuji anak ketika anak membaca, bahkan orang tua memiliki pengharapan rendah terhadap keberhasilan sekolah anak sehingga mereka tidak
mau terlibat untuk membantu pekerjaan rumah anak atau tugas sekolah yang lain. Akibat selanjutnya anak menjadi tidak berprestasi di sekolah dan hal ini menambah tekanan keluarga ketika orang tua dipanggil ke sekolah untuk mempertanggungjawabkan kegagalan pendidikan anak. Nampak bahwa keluarga dengan status sosial ekonomi rendah mengalami stres yang tinggi.
B. Pendekatan Stres Lingkungan
Pendekatan stres lingkungan sering digunakan secara luas dalam psikologi lingkungan. Stresor seperti kebisingan, kepadatan penduduk dan kesesakan, tekanan kerja, bencana alam, polusi dll adalah lingkungan aversif yang mengancam kesejahteraan manusia. Sebagai variabel mediator, stres didefiniskan sebagai reaksi terhadap lingkungan aversif (Bell dkk, 1996). Reaksi tersebut meliputi komponen emosi, perilaku dan fisiologis. Komponen fisiologis sering dinamakan stres sistemik, sedangkan komponen emosi dan tingkah laku dinamakan stres psikologis. Karena stres sistemik dan stres psikologis adalah saling berkaitan dan tidak terjadi sendiri-sendiri, maka psikolog lingkungan biasanya memadukan keduanya dalam satu teori yang dinamakan model stres lingkungan. Dalam model ini, stresor menunjuk kepada komponen lingkungan sedangkan response stres menunjukkan reaksi yang disebabkan oleh komponen lingkungan.
Ada tiga karakteristik utama stresor, yaitu peristiwa kataklismik (cataclysmic events), stres personal (personal stressors) dan stresor latar belakang (background stressors). Kejadian atau peristiwa kataklismik memiliki beberapa karakteistik dasar, yaitu biasanya terjadi secara tiba-tiba dengan sedikit tanda-tanda atau bahkan tidak ada tanda-tanda akan terjadi suatu peristiwa. Pengaruhnya sangat kuat sehingga muncul response universal dan melibatkan sejumlah besar orang. Kekuatan kataklismik yang mendadak menimbulkan rasa bingung pada korban, biasanya membutuhkan usaha sangat besar untuk melakukan koping secara efektif. Koping stres yang efektif berupa afiliasi satu sama lain dengan cara berbagi pendapat dan rasa. Bila koping tidak berhasil maka akan muncul ketidakberdayaan dan sikap pasif. Contoh peristiwa kataklismik adalah bencana alam, perang, kebocoran nuklir, kebakaran hebat dll.
Stresor personal meliputi kesakitan, kematian suami atau istri atau anak yang disayangi, pemutusan hubungan kerja dll yang biasanya dialami oleh seseorang dan membawa pengaruh yang buruk. Strategi koping yang efektif untuk stresor personal biasanya adalah dukungan sosial.
Background stressors dibedakan menjadi dua, yaitu daily hassles yang sering dinamakan juga stresor mikro, bersifat stabil dan intensitasnya rendah; misalnya adalah kehilangan barang, terlambat kerja, tekanan karena pekerjaan rumah tangga dan hal-hal lain yang bersifat rutin; dan ambient stressors atau stresor kronis yang bersifat global, misalnya polusi air dan udara, kebisingan, kepadatan dan kesesakan tempat hunian, kemacetan lalulintas dll yang bersifat masalah masyarakat pada umumnya.
Smet (1994) menemukan ada beberapa stresor dalam keluarga, yaitu perselisihan dalam masalah keuangan, perasaan saling acuh tak acuh, perbedaan yang tajam dalam menentukan tujuan, kebisingan karena suara radio, televisi atau tape yang dinyalakan dengan suara keras sekali, keluarga yang tinggal di lingkungan yang terlalu sesak, dan kehadiran adik baru. Stresor lain dalam keluarga adalah kehilangan anak yang disayangi akibat bencana alam, kesakitan atau kecelakaan, kematian suami atau istri.
Burr dan Klein (1994) menemukan ada enam stresor dalam stres keluarga, yaitu perekonomian keluarga menjadi bangkrut, anak mengalami cacat fisik atau mental sehingga harus di rawat di rumah sakit, remaja yang sulit dididik sehingga harus dibawa ke psikiater, anak yang mengalami penyempitan otot, ketidaksuburan pasangan suami dan istri, perubahan peran dalam rumah tangga.
Karakteristik response stres meliputi response fisiologis, strategi koping dan adaptasi. Response fisiologis bersifat otomatis dan menurut Selye (dalam Bell dkk, 1996) ada tiga tahap sindrome adaptasi umum yaitu tahap reaksi alarm, tahap resistensi dan tahap kelelahan. Reaksi alarm terhadap stresor bersifat proses otomatis, misal detak jantung meningkat, pengeluaran adrenalin, keringat dingin dll. Tahap resistensi juga dimulai dengan proses otomatis untuk menghadapi stresor, misal pada udara yang panas, secara otomatis tubuh mengeluarkan keringat. Bila mekanisme keseimbangan tidak tercapai, maka akan terjadi tahap ketiga, yaitu tahap kelelahan yang mengakibatkan beberapa penyakit seperti tukak lambung, pembengkakan adrenal dan gagal ginjal.
Strategi koping adalah perpaduan antara fungsi dari faktor individu dan situasional, meliputi melarikan diri dari stresor, serangan fisik atau verbal, dan kompromi. Pada dasarnya ada dua kategori strategi koping, yaitu aksi langsung atau berfokuskan pada masalah, misal mencari informasi, melarikan diri / menghindari stresor, mencoba memindahkan atau menghentikan stresor; dan paliatif atau berfokuskan emosi, misal menggunakan mekanisme pertahanan diri seperti penyangkalan, rasionalisasi, reaksi formasi dll, penggunaan obat-obatan, relaksasi dll. Adaptasi terjadi ketika stimulus aversif muncul berulang kali dan response stres terhadap stresor menjadi makin lemahdan bertambah lemah. Proses berikutnya setelah adaptasi adalah terjadi aftereffects, yaitu akibat jangka panjang setelah stresor berhenti.
C. Pengaruh Keterlibatan Orang Tua terhadap Minat Membaca Anak Ditinjau dari Pendekatan Stres Lingkungan
Dalam keluarga yang miskin, penghasilan suami dan atau istri yang rendah sering menjadi pemicu pertengkaran dalam keluarga. Akibat lebih lanjut dari pertengkaran adalah suami dan istri menjadi saling tidak peduli. Orang tua dengan tingkat pendidikan yang rendah ternyata sulit untuk mengendalikan kelahiran anak, sehingga jumlah kelahiran anak menjadi bertambah (Semaoen, Hani, Kiptiyah, 2000). Kehadiran anak atau adik baru bagi anak yang lebih tua menimbulkan stres bagi ibu dan ayah. Ibu akan merasakan stres selama kehamilan, apalagi bila anak yang dikandung adalah anak yang ketiga atau keempat dimana muncul rasa bersalah tidak mentaati program Keluarga Berencana, dan pasca melahirkan. Stres pada ayah berkaitan dengan rasa kuatir akan berubahnya interaksi antara suami dan istri dan timbul kekuatiran akan tambahan beaya hidup.
Biasanya keluarga miskin ini tinggal di kantong-kantong kemiskinan dengan luas rumah yang sangat terbatas, kumuh, panas, bising dan sesak. Tinggal di lingkungan yang terlalu sesak dapat menimbulkan stres dan akibat selanjutnya orang menjadi kurang suka menolong orang lain (Bell dkk, 1996).
Keluarga yang tinggal di daerah slums, biasanya tetap memiliki gambaran kualitas rumah yang ideal. Mereka biasanya masih mendambakan rumah berkualitas dengan ciri-ciri adanya kontinuitas, yaitu rasa memiliki rumah secara permanen; ada privasi, ada tempat untuk mengekspresikan diri, identitas personal yaitu berkaitan dengan simbol diri mereka dan keinginan untuk menunjukkan rumah kepada orang lain; relasi sosial, kehangatan dan tempat untuk berteduh dan berlindung (Smith, 1994). Ketiadaan ruang untuk ekspresi diri, yaitu untuk mengembangkan intelektual dan kepribadian anak; maupun kehangatan yang ditandai dengan adanya suasana persahabatan dan dukungan untuk berprestasi, menghalangi orang tua untuk menolong anak dalam aktivitas membaca maupun aktivitas belajar yang lain.
Perselisihan dalam keluarga, perasaan saling tidak peduli, kesesakan karena keterbatasan luas rumah dan terlalu banyak anak, kebisingan, kurang ruang untuk ekspresi diri dan kehangatan merupakan stresor yang kuat dalam keluarga miskin. Stresor ini masih ditambah dengan adanya interaksi orang tua dengan fihak lain di luar lingkungan rumah, yaitu tekanan kerja di tempat kerja. Ada konflik antara tuntutan kerja dengan tuntutan keluarga. Keluarga menuntut penghasilan yang lebih tinggi untuk menutup beaya kehidupan sehari-hari, sedangkan di tempat kerja orang tua juga dituntut untuk lebih profesional dalam bekerja namun tidak mampu karena keterbatasan tingkat pendidikan dan kekurangan ketrampilan kerja.
Stresor yang lain adalah pengalaman stres anak-anak di sekolah. Orang tua jarang terlibat untuk membantu anak dalam mengerjakan pekerjaan rumah maupun aktivitas belajar anak yang lain menyebabkan anak tidak mampu mengerjakan pekerjaan rumah. Ketidakbiasaan membuat pekerjaan rumah menjadikan anak tidak terlatih sehingga anak sering gagal dan ditertawakan bila harus mengerjakan tugas di depan kelas. Dua hal ini menjadikan anak juga mengalami stres. Orang tua juga akan bertambah stres ketika dipanggil oleh pihak sekolah guna mempertanggungjawabkan kegagalan pendidikan anak.
Stres dalam keluarga berinteraksi dengan stres dari luar lingkungan rumah menimbulkan stres tingkat tinggi dalam diri orang tua. Hal ini menyita waktu orang tua dan membuang energi dan perhatian mereka sehingga secara psikologis mereka tidak mampu untuk terlibat menolong anak dalam aktivitas membaca. Ketidakterlibatan orang tua dalam aktivitas membaca mengakibatkan minat membaca anak tetap rendah (Grolnick dkk, 1997).
Penelitian Grolnick dkk ini berbeda dengan hasil penemuan Morrow dan Young (1997) yang menemukan bahwa kegiatan membaca bersama antara anak dan orang tuanya berpengaruh terhadap sikap dan minat membaca anak. Melalui program membaca bersama antara orang tua dan anak, anak-anak menjadi suka mengisi waktu luangnya dengan aktivitas membaca, mereka suka membaca bersama orang dewasa yang lain, suka membaca majalah dan buku-buku yang ada di rumah dan di perpustakaan sekolah. Kondisi sosial ekonomi keluarga dalam penelitian Morrow dan Young juga tergolong rendah, namun mereka merasa mendapat dukungan sosial melalui program membaca keluarga. Buku-buku dan perlengkapan membaca merupakan dukungan instrumental untuk mendidik anak, program pelatihan untuk orang tua agar terlibat secara efektif dalam program membaca keluarga merupakan dukungan informatif yang sangat berguna bagi orang tua untuk memberikan dukungan penghargaan dan emosi kepada anak saat mereka membaca bersama.
PEMBAHASAN
.1. MODEL PEMBELAJARAN PARTISIPATIF
A. Konsep Pembelajaran Partisipatif
Pembelajaran partisipatif pada intinya dapat diartikan sebagai upaya pendidik untuk mengikut sertakan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran yaitu dalam tahap perencanaan program, pelaksanaan program dan penilaian program.
Partisipasi pada tahap perencanaan adalah keterlibatan peserta didik dalam kegiatan mengidentifikasi kebutuhan belajar, permasalahan, sumber-sumber atau potensi yang tersedia dan kemungkinan hambatan dalam pembelajaran.
Partisipasi dalam tahap pelaksanaan program kegiatan pembelajaran adalah keterlibatan peserta didik dalam menciptakan iklim yang kondusif untuk belajar. Dimana salah satu iklim yang kondusif untuk kegiatan belajar adalah pembinaan hubungan antara peserta didik, dan antara peserta didik dengan pendidik sehingga tercipta hubungan kemanusiaan yang terbuka, akrab, terarah, saling menghargai, saling membantu dan saling belajar.
Partisipasi dalam tahap penilaian program pembelajaran adalah keterlibatan peserta didik dalam penilaian pelaksanaan pembelajaran maupun untuk penilaian program pembelajaran. Penilaian pelaksanaan pembelajaran mencakup penilaian terhadap proses, hasil dan dampak pembelajaran.
B. Ciri-ciri Pembelajaran Partisipatif
Berdasarkan pada pengertian pembelajaran partisipatif yaitu upaya untuk mengikutsertakan peserta didik dalam pembelajaran, maka ciri-ciri dalam kegiatan pembelajaran partisipatif adalah :
1. Pendidik menempatkan diri pada kedudukan tidak serba mengetahui terhadap semua bahan ajar.
2. Pendidik memainkan peran untuk membantu peserta didik dalam melakukan kegiatan pembelajaran.
3. Pendidik melakukan motivasi terhadap peserta didik untuk berpartisipasi dalam pembelajaran.
4. Pendidik menempatkan dirinya sebagai peserta didik.
5. Pendidik bersama peserta didik saling belajar.
6. Pendidik membantu peserta didik untuk menciptakan situasi belajar yang kondusif.
7. Pendidik mengembangkan kegiatan pembelajaran kelompok.
8. Pendidik mendorong peserta didik untuk meningkatkan semangat berprestasi.
9. Pendidik mendorong peserta didik untuk berupaya memecahkan permasalahan yang dihadapi dalam kehidupannya.
C. Peran Pendidikan Dalam Pembelajaran
Peran pendidik dalam pembelajaran partisipatif lebih banyak berperan sebagai pembimbing dan pendorong bagi peserta didik untuk melakukan kegiatan pembelajaran sehingga mempengaruhi terhadap intensitas peranan pendidik dalam pembelajaran.
Pada awal pembelajaran intensitas peran pendidik sangat tinggi yaitu untuk menyajikan berbagai informasi bahan belajar, memberikan motivasi serta memberikan bimbingan kepada peserta dalam melakukan pembelajaran, tetapi makin lama makin menurun intensitas perannya digantikan oleh peran yang sangat tinggi dari peserta didik untuk berpartisipasi dalam pembelajaran secara maksimal.
Langkah-langkah yang harus ditempuh pendidik dalam membantu peserta didik untuk mengembangkan kegiatan pembelajaran :
1. Membantu peserta didik dalam menciptakan iklim belajar
2. Membantu peserta didik dalam menyusun kelompok belajar
3. Membantu peserta didik dalam mendiagnosis kebutuhan pelajar
4. Membantu peserta didik dalam menyusun tujuan belajar
5. Membantu peserta didik dalam merancang pengalaman belajar
6. Membantu peserta didik dalam kegiatan pembelajaran
7. Membantu peserta didik dalam penilaian hasil, proses dan pengaruh kegiatan pembelajaran.
2. MODEL PENDEKATAN PEMBELAJARAN
A. Konsep Pendekatan Pembelajaran Kontekstual
Pendekatan pembelajaran kontekstual mendasarkan diri pada kecenderungan pemikiran tentang belajar dilihat dari proses transfer belajar, lingkungan belajar.
Dilihat dari proses, belajar tidak hanya sekedar menghapal. Dari transfer belajar, siswa belajar dai mengalami sendiri, bukan pemberian dari orang lain. Dan dilihat dari lingkungan belajar, bahwa belajar efektif itu dimulai dari lingkungan belajar yang berpusat pada siswa.
Pembelajaran kontekstual (contextual learning) merupakan upaya pendidik untuk menghubungkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata peserta didik, dan mendorong peserta didik melakukan hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat.
Dalam penerapan pembelajaran kontekstual tidak lepas dari landasan filosofisnya, yaitu aliran konstruktivisme. Aliran ini melihat pengalaman langsung peserta didik (direct experiences) sebagai kunci dalam pembelajaran.
B. Perbedaan Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran Konvensional
Karakteristik model pembelajaran kontekstual dalam penerapannya di kelas, antara lain :
1. Siswa secara aktif terlibat dalam proses pembelajaran
2. Siswa belajar dari teman melalui kerja kelompok, diskusi, saling mengoreksi
3. Pembelajaran dihubungkan dengan kehidupan nyata atau masalah
4. Perilaku dibangun atas kesadaran diri.
5. Keterampilan dikembangkan atas dasar pemahaman
6. Peserta didik tidak melakukan yang jelek karena dia sadar hal itu keliru dan merugikan.
7. Bahasa diajarkan dengan pendekatan komunikatif, yakni peserta didik diajak menggunakan bahasa dalam konteks nyata.
Karakteristik model pembelajaran konvensional dalam penerapannya di kelas, antara lain:
1. Siswa adalah penerima informasi
2. Siswa cenderung belajar secara individual
3. Pembelajaran cenderung abstrak dan teoritis
4. Perilaku dibangun atas kebiasaan
5. Keterampilan dikembangkan atas dasar latihan
6. Peserta didik tidak melakukan yang jelek karena dia takut hukuman
7. Bahasa diajarkan dengan pendekatan structural
Pembelajaran kontekstual memiliki perbedaan dengan pembelajaran konvensional, tekanan perbedaannya yaitu pembelajaran kontekstual lebih bersifat student centered (berpusat kepada peserta didik) dengan proses pembelajarannya berlangsung alamiah dalam bentuk kegiatan peserta didik bekajar dan mengalami. Sedangkan pembelajaran konvensional lebih cenderung teacher centered (berpusat kepada pendidik), yang dalam proses pembelajarannya siswa lebih banyak menerima informasi bersifat abstrak dan teoritis.
C. Komponen-komponen Pembelajaran Kontekstual
Peranan pendekatan pembelajaran kontekstual di kelas dapat didasarkan pada tujuh komponen, yaitu :
1. Konstruktivisme
Konstruktivisme merupakan landasan berfikir pembelajaran kontekstual, yaitu bahwa pengetahuan dibangun oleh manusia didalam dirinya sedikit demi sedikit, yang hasilnya dapat diperluas melalui konteks yang terbatas.
2. Pencairan (inquiry)
Menemukan merupakan inti dari pembelajaran kontekstual. Pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh siswa merupakan hasil dari penemuan siswa itu sendiri.
3. Bertanya (Questioning)
Bertanya merupakan awal dari pengetahuan yang dimiliki seseorang. Bagi siswa kegiatan bertanya merupakan bagian penting dalam melaksanakan pembelajaran yang berbasis inquiriy, yaitu untuk menggali informasi, mengkonfirmasikan apa yang sudah diketahui, dan mengarahkan pada aspek yang belum diketahui.
4. Masyarakat Belajar (Learning Community)
Konsep learning community menyarankan agar hasil pembelajaran diperoleh dari kerjasama dengan orang lain. Masyarakat belajar bisa terjadi apabila ada komunikasi dua arah atau lebih, yaitu antara siswa dengan siswa atau antara siswa dengan pendidik apabila diperlukan atau komunikasi antara kelompok.
5. Pemodelan (Modeling)
Model dapat dirancang dengan melibatkan guru, siswa atau didatangkan dari luar sesuai dengan kebutuhan. Dengan pemodelan, siswa dapat mengamati berbagai tindakan yang dilakukan oleh model tersebut.
6. Refleksi (Reflection)
Refleksi adalah cara berfikir tentang sesuatu yang sudah dipelajari. Realisasi dari refleksi dalam pembelajaran dapat berupa:
a)Pernyataan langsung tentang sesuatu yang sudah diperoleh siswa
b)Kesan dan pesan/saran siswa tentang pembelajaran yang sudah diterimanya
c)Hasil karya
7. Penilaian yang sebenarnya (authentic assessment)
Assessment merupakan proses pengumpulan data yang bisa memberikan gambaran perkembangan belajar siswa. Assessment menekankan pada proses pembelajaran maka data yang dikumpulkan harus diperoleh dari kegiatan nyata yang dikerjakan pada saat melakukan proses pembelajaran.
Karakteristik authentic assessment, yaitu :
a)Dilaksanakan selama dan sesudah proses pembelajaran berlangsung
b)Dapat digunakan untuk formatif maupun sumatif
c)Yang diukur adalah keterampilan dan penampilan bukan mengingat fakta
d)Berkesinambungan
e)Terintegrasi
f)Dapat digunakan sebagai feed back
3. MODEL PEMBELAJARAN MANDIRI
A. Konsep Pembelajaran Mandiri
Dalam rangka menuju kedewasaan, seorang anak harus dilatih untuk belajar mandiri. Belajar mandiri merupakan suatu proses, dimana individu mengalami inisiatif dengan atau tanpa bantuan orang lain.
1.Dapat mengurangi ketergantungan pada oran lain
2.Dapat menumbuhkan proses alamiah perkembangan jiwa
3.Dapat menumbuhkan tanggung jawab pada peserta didik
Berdasarkan hal tersebut pendidik bukan sebagai pihak yang menentukan segala-galanya dalam pembelajaran, tetapi lebih berperan sebagai fasilitator atau sebagai teman peserta didik dalam memenuhi kebutuhan belajar mereka.
B. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesiapan Belajar Mandiri
Banyak faktor yang mempengaruhi untuk tumbuhnya belajar mandiri, yaitu :
1.Terbuka terhadap setiap kesempatan belajar, belajar pada dasarnya tidak dibatasi oleh waktu, tempat dan usia
2.Memiliki konsep diri sebagai warga belajar yang efektif, seseorang yang memiliki konsep diri berarti senantiasa mempersepsi secara positif mengenai belajar dan selalu mengupayakan hasil belajar yang baik
3.Berinisiatif dan merasa bebas dalam belajar, inisiatif merupakan dorongan yang muncul dari diri seseorang tanpa dipengaruhi oleh orang lain, seseorang yang memiliki inisiatif untuk belajar tidak perlu dirangsang untuk belajar.
4.Memiliki kecintaan terhadap belajar, menjadikan belajar sebagai bagian dari kehidupan manusia dimulai dari timbulnya kesadaran, keakraban dan kecintaan terhadap belajar.
5.Kreativitas. Menurut Supardi (1994), kreativitas merupakan kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun kerja nyata, yang relatif berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya.
Ciri perilaku kreatif yang dimiliki seseorang diantaranya dinamis, berani, banyak akal, kerja keras dan bebas. Bagi seseorang yang kreatif, tidak akan kuatir atau takut melakukan sesuatu sepanjang yang dilakukannya mengandung makna.
6.Memiliki orientasi ke masa depan
Seseorang yang memiliki orientasi ke masa depan akan memandang bahwa masa depan bukan suatu yang mengandung ketidakpastian.
7.Kemampuan menggunakan keterampilan belajar yang mendasar dan memecahkan masalah.
C.Peran Pendidik Dalam Belajar Mandiri
Dalam pembelajaran mandiri, tutor berperan sebagai fasilitator dan teman bagi peserta didik. Sebagai fasilitator, pendidik dapat membantu peserta didik dalam mengakrabi masalah yang dihadapi peserta didik, dan berupaya agar peserta didik dapat menemukan alternatif pemecahan masalah yang dihadapinya.
Peran lain yang harus dilakukan pendidik adalah sebagai teman. Pendidik berusaha menempatkan dirinya sama dengan peserta didik sebagai peserta yang mengharapkan nilai tambah dalam kehidupannya untuk mengantisipasi perubahan yang terjadi, serta mengaktualisasikan dirinya.
BAB III
PENUTUP
Pendekatan stres lingkungan dapat digunakan untuk menolong memprediksikan bermacam-macam akibat yang ditimbulkan oleh kerusakan lingkungan fisik, sosial maupun psikologis. Namun perlu dicermati bahwa pendekatan stres lingkungan secara tunggal sering menimbulkan kekaburan dalam mengidentifikasi stresor. Model stres lingkungan juga sering sulit secara pasti memprediksikan strategi koping yang akan digunakan oleh keluarga untuk menghadapi stresor, sebab antara satu keluarga dengan keluarga lain mungkin berbeda walaupun tinggal dalam lingkungan dan kondisi sosial ekonomi sama. Ketergantungan pada konteks keluarga dan adanya perbedaan individual masih merupakan suatu tantangan psikologi lingkungan.
KESIMPULAN
Model-model pembelajaran sosial merupakan pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan di kelas dengan melibatkan peserta didik secara penuh (student center) sehingga peserta didik memperoleh pengalaman dalam menuju kedewasaan, peserta dapat melatih kemandirian peserta didik dapat belajar dari lingkungan kehidupannya.
Model-model pembelajaran sosial ini mencakup : model pembelajaran partisipatif, model pendekatan pembelajaran kontekstual, dan model pembelajaran mandiri.
Pembelajaran partisipatif pada intinya dapat diartikan sebagai upaya pendidik untuk mengikutsertakan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran, yaitu dalam tahap : perencanaan program, pelaksanaan program dan penilaian program.
Dalam menyiapkan anak untuk bersosialisasi di masyarakat, sejak dini anak harus sudah mengenal lingkungan kehidupannya. Model pembelajaran kontekstual merupakan upaya pendidik untuk menghubungkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata peserta didik dan mendorong peserta didik melakukan hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka.
Dalam rangka menuju kedewasaan, seorang anak harus dilatih untuk belajar mandiri. Belajar mandiri merupakan suatu proses, dimana individu mengambil inisiatif denganatau tanpa bantuan orang lain. Dalam pembelajaran mandiri menekankan pada keaktifan peserta didik yang lebih bersifat student centered daripada teacher centered sehingga pendidik lebih banyak berperan sebagai fasilitator dan teman (patner)
DAFTAR PUSTAKA
Ayahbunda, Jakarta, September No. 18, 1983
Bell, P.A., Greene, T.C., Fisher, J.D., and Baum, A. 1996. Enviromental Psychology. Fourth Edition. Orlando : Harcourt Brace College Publishers.
Burr, W.C., and Klein, S.R. 1994. Reexamining Family Stress : New Theory and Research. California : Sage Publishers, Inc.
Grolnick, W.S., Benjet, C., Kurowski, C.O., and Apostoleris, N.H. 1997. Predictors of Parent Involvement in Children’s Schooling. Journal of Educational Psychology. 89 ( 3), 538 – 548.
Harris, A., and Sipay, E. 1980. How To Increase Reading Ability.. New York : Longman, Inc.
Juel, C. 1988. Learning to Read and Write : A Longitudinal Study of 54 Children from First through Fourth Grade. Journal of Educational Psychology, 80 (4), 437 – 447.
Kompas, Jakarta, 22 Januari 1995
Depdiknas, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Pendidikan Lanjutan Pertama. (2003). Pendekatan Kontekstual (Centered Teaching and Learning). Jakarta.
Sudjana, D. (2000). Strategi Pembelajaran. Bandung : Falah Production.
Hatimah, I. (2003). Strategi dan Metode Pembelajaran. Bandung : Andira.
Knowles, M. (1975). Self Directed Learning. Chicago : Follet Publishing Company.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Berita
Technology : Berita IT
- Facebook Ganti Fitur untuk Fan Pages
- Dana 170 Juta Dollar Dihabiskan untuk Jaringan Jawa-Mataram
- Earth Hour, Matikan Listrik 1 Jam Saja Hari Ini
- Wow, ‘Bermain’ dengan Gadis Sexy Secara Online?
- Main Facebook Tapi Offline? Coba Famebook
- Game Streaming OnLive Bakal Libas Game Console PlayStation
- Bermasalah, HP Tarik Laptopnya Besar-Besaran
- Tutorial Internet dalam Bahasa Jawa Telah Dirilis
- Apa Penyebab Microphone di Rapat Paripurna Mati?
- Gunung Es Antartika Pecah, Bahayakan Kehidupan Laut
- DEPKOMINFO Bagi-Bagi DVD Perangkat Internet Sehat Gratis
- Hah, Game Winter Olympic Vancouver 2010 Gunakan 6.000 PC
- Pro Kontra RPM Content yang Dilarang dari Menkominfo
- Lagi, Google Ganti Logo Jadi Event Olympics
- Nvida Optimus, Teknologi Switch Kartu Grafis untuk Laptop
- Wow, Email Palsu Facebook Menyebar Lebih Pintar
- Pemda Blokir Facebook Saat Jam Kerja
- Ini Dia, Negara yang Paling Mudah Jadi Target Hacker
- Wow, DPR RI Dapat Komputer Harga 15 Juta Per Unit
- Mau Kirim SMS Harus Di-Scan Dulu Oleh Operator?
- 15 Januari, Gerhana Matahari Cincin Sambangi Indonesia
- Mark Zuckerberg : Tak Ada Privacy di Facebook
- Video Larangan Pernikahan Gay Diumbar di YouTube
- Wow, 5 Planet Terbaru Telah Ditemukan
- Minyak Jelantah Bisa Jadi Bahan Bakar Alternatif?
- Peringatan Dini Perubahan Cuaca 22-24 Desember 2009
- Info Penting Bagi yang Suka Browsing Internet
- Pesawat Robot Cuaca
- Update Keamanan Terbaru Facebook!!!
- Gawat, 1.219 Situs Toko Online Palsu Telah Ditemukan
- Magic Mouse Untuk Pengguna MacBook
- Canon EOS 7D DSLR Kamera
- Mouse, Keyboard dan Mouse Pad untuk Para Gamer
- Baterai Laptop Cepat Habis?
- Kenapa PlayStation 3 Harganya Mahal?
- Coolpad Bikin Rusak Laptop???
- Laptop dengan speaker 5.1 channel?
- Walletex - Kartu Kredit USB Flash Disk
- Firefox Bikin Laptop Cepat Panas Dibanding IE8
- Telkomsel dan Indosat Luncurkan Situs Jejaring Sosial
- Gawat, Hotmail Hadapi Masalah Gagal Logout
- Heboh, Hujan Meteor Leonid Masih Terus Terjadi
- Open Source Bisa Selamatkan Indonesia dari Perang Teknologi
- Ini Dia, Bangunan Unik dari Balok Kaca
- Ini Dia, 30 Perusahaan Penguasa Dunia Internet
- BBC : Global Warming Telah Berhenti Sejak Tahun 1998?
- Hah, Windows 7 Lebih Lambat Ketimbang Vista?
- Kenapa Situs Jejaring Sosial Lebih Didominasi Wanita?
- Taiwan Kembangkan Charger Ponsel dari Hidrogen
- Pertama Kali, Nama Akun Twitter Jadi Nama Jalan
- Apple Masuki Laptop MacBook Harga Murah
- Aneh, China Larang Penjualan Music Online
- Ini Dia, Iklan Windows 7 Terbaru Nan Imut
- Ponsel Transparan Ala Sony Ericsson? Cek Xperia Pureness
- Wow, Video Tabrakan Ditonton 6 Juta Kali di YouTube
- Ih Lucu, Robot Super Mungil Bak Semut
- Gempa Besar 7,3 SR Goyang Pulau Jawa
- Wah, Tablet Nokia N900 Terbaru Bocor Sebelum Rilis
- Robot, Siap Menjadi Kebutuhan di Masa Depan
- Pengin Dapat Kerja? Jangan Main Facebook
- IBM Kembangkan Chip Computer dari Sel DNA
- Microsoft, Nokia dan Google Berencana Saingi RIM
- Network DU, Situs ‘Facebook’ Ala India
- Robot Morolipi v1.0, Bantu Densus 88 Tangkap Teroris
- Ngobrol bareng Erik Hartmann tentang Google Books
- Microsoft Batalkan 'Windows 7 E' untuk Eropa
- Kalah dari Facebook, Friendster Dijual ke Asia
- Baru! Tabloid IT Paling Lengkap, Gado-Gado IT
- Asyik, ‘Jalan-Jalan’ ke Bulan dengan Google Earth
- POLRI Pastikan Bom Kuningan Identik dengan Kelompok Nurdin M. Top
- Pasca Ledakan, Ditemukan Bom Jenis Black Powder di Hotel JW Marriott
- Beberapa Kali Tertunda, Endeavour Akhirnya Meluncur
- Perang Sengit Microsoft-Google, Office 2010 Digratiskan
- Heboh, Robot Isi Bahan Bakar Pakai Mayat Manusia
- Pemakai Microsoft Bing Bertambah Hingga 8%
- Pemakaman Jacko Streaming di Facebook & MySpace
- Iklan Online Diganti dengan Mobile Advertising?
- Ada Apa dengan BlackBerry di Indonesia?
- Michael Jackson Meninggal, Internet Online Ikut Berduka
- Hah, Microsoft Bing Tiru Search Engine Kayak?
- Printer HP Photosmart Premium, Cetak Gambar Tanpa PC
- 2009, Pengguna Internet Bakal Melebihi 10 Juta Orang
- Apple Safari 4, Capai 11 Juta Download dalam 3 Hari
- Google Squared, Tool Baru Cukup ‘Menyesatkan’
- Google Tanamkan Pelacak di 92 Persen Website
- Bayi 9 Bulan Sudah Kenal Laptop?
- Gila, 180.000 Game The Sims 3 Bajakan di-Download dalam 3 Hari
- SATA Revision 3.0, Harddisk Kecepatan Transfer 6 Gbps
- E-Reader Plastic Logic, Lebih Slim Daripada Kindle DX
- Gmail Inbox Preview, Loading Inbox Email Lebih Cepat
- Google Siap Ganti Logo Baru
- Facebook Permudah Pilpres Indonesia di Beijing
- Windows 7, New System Vista Killer
- Gado-Gado IT
- Facebook Luncurkan Program Verified Apps
- Robot Ambil Alih Peran Guru di Jepang?
- Seru! Perang Add-On NoScript VS Adblock Plus di Firefox
- Diprotes, Facebook Matikan Group ‘Pulau Laki-laki KKK’
- Acer Bocorkan Rahasia Peluncuran Windows 7
- Microsoft Vine, Layanan Jejaring Sosial di Saat Darurat
- Sambut Akses Internet Wireless Kecepatan Tinggi WiMAX
- Anak 13 Tahun Menangkan Download 1 Miliar Aplikasi Apple
- Facebook Tetapkan Perubahan TOS
- Microsoft Siapkan Windows 8
- Telah Dibuka Lowongan Menjadi Hacker Komputer
- Google Tambah Suggest Recipients di Gmail
- Beli Motor, Dapat Laptop Plus Akses MX-Speedy Gratis?
- Diserbu 70.000 User, Tiga Server KPU Makin Overload
- Hacker dan Macetnya Server KPU Warnai Pemilu 2009
- Telkomsel Siapkan Infrastruktur Sambut Pemilu
- Tarif Internet Turun Lagi Setelah Pemilu
- Anak 15 Tahun Bikin Aplikasi Download MP3 Gratis
- Microsoft Umumkan Windows Server Foundation Level Netbook
- Adobe dan Facebook VS Microsoft dan MySpace
- Windows Touch Logo, Coming Soon on PC
- Earth Hour 2009
- Vote for The Earth
- Robot Ikan Mutakhir, Deteksi Polusi Pakai Wi-Fi
- 94 Persen Member Komplain Atas Desain Terbaru Facebook
- HRP-4C Robot Wanita Supermodel Tanpa Pakaian
- Versi Google Chrome Terbaru, Lebih Cepat
- SecondLight, Generasi Baru dari Microsoft Surface
- Disney Garap Game Balapan Mobil
- Situs Pertemanan Segera Gantikan Popularitas Email
- Microsoft Siap Hilangkan Banyak Aplikasi di Windows 7
- Microsoft Lepas Internet Explorer dari Windows 7
- Bill & Melinda Gates Larang Penggunaan iPhone di Rumahnya
- Tinggalkan Beta, Microsoft Siapkan Fitur Windows 7 RC
- Dinilai Buruk, Yahoo Rombak Struktur Organisasi
- OPEN IT 2009
- Demokratisasi Facebook untuk Perbaikan TOS
- Satellite NASA Jatuh di Antartika
- Microsoft Batalkan Pengembalian Overpayment
- Microsoft Berharap Mantan Karyawan Kembalikan Overpayment
- Dianggap Merugikan, TOS Facebook Menuai Protes
- Atlantis - Kota yang Hilang, Ditemukan Google Earth?
- Perselisihan Istilah 'Netbook'
- Facebook 'Tendang' 5.500 Sex Offenders
- Intel Adukan Nvidia Soal Chipset
- Nokia dan Skype Berintegrasi Garap VoIP
- Ovi Store, Toko Online Nokia
- Fujitsu Jual HDD-Business ke Toshiba
- Jika programmer Berkompetisi di Hari Valentine
- Investasi 7 milyar dolar Intel untuk Westmere
- Kelompok Autor USA Anggap Kindle Baru Sebagai Ilegal
- Wanted Conficker Phantom, USD 250.000
- Pendiri Facebook Mengaku Mencuri Ide
- YouTube, Jajaki Opsi Download Video
- Hybrid Blu-ray: Film dan Game Lisensi Dalam Satu Disc
- Safer Internet Day: Perang Terhadap “Cyber-Mobbing”
- Google PowerMeter, Bantu Hemat Energi Hingga 15%
- Kindle 2.0, Digital Reader Terbaru Amazon
- Update Google Earth, dari Bawah Laut hingga Luar Angkasa
- 2009, Microsoft Rilis Silverlight 3 dan 4
- Menanti Hadirnya Windows 7 Release Candidate
- Obama, Indonesia, dan Kembarannya
- Rahasia Di Balik Pemecatan 5,000 Pegawai Microsoft
- Tutup Iklan Cetak, Google Perluas Iklan di Internet
- Transparansi Obama Melalui Website untuk Perubahan
- Cyber School Hadir di Indonesia
- Carol Bartz, CEO Yahoo Pengganti Jerry Yang
- Amerika Pakai Video Game untuk Rekrut Tentara
- Yahoo Cari Pengganti Jerry Yang
- Jika Twitter Obama dan Britney Kebobolan
- Perang Israel dan Hamas Melebar ke Video YouTube
- Baru, Situs Internet Akan Diberi Rating Usia
- Depkominfo : Saatnya Kampanye Pemilu 2009 Pakai TIK
- Steve Jobs Rapuh, Apple Mulai Jatuh
- 2009, Industri Teknologi Informasi Bakal Drop
- Mengejutkan! Pakai Emoticon ;-) Bayar 10,000 Dollar
- KPU Siapkan Pemilu 2009 Lewat Jalur Internet
- Berita IT Terbaru, Chatting Via SMS ke Gmail
- Survei : 73 Persen Remaja Suka Mengirim Pesan Text Sensual
- Baterai Notebook HP Tahan Hingga 3 Tahun
- 98 Persen PC Miliki Software Hacker-Friendly
- Microsoft Ciptakan Dinding Multi-Touch Ajaib
- Teknologi Informasi, Kunci Strategi Utama Teroris
- .tel, Domain Baru Penyimpan Detail Contact
- Technology, Help Mumbai Terror Actions Cruelty
- Pop-Up Windows Porno, Kesalahan Komputer atau Guru SMP?
- Domain .Com dan .Net Hadapi Masa Kejatuhan
- Spammer Facebook Didenda $873 Juta Dollar
- Google Akan Rumahkan 10 Ribu Karyawannya
- Economic Crisis, Video Game Console Rises
- Specifying Your Search Result with WikiSearch
- Pemerintah Tindak Tegas Kasus Blog Komik Nabi Muhammad
- Tak Sanggup Lagi, Sun Microsystem Pecat 6.000 Karyawan
- Melacak Penyebaran Flu Burung Pakai Google Flu Trends
- Change.gov, Obama Website goes Online
- Obama Beri Prioritas Utama untuk Indonesia
- Obama, Presiden Kulit Hitam Amerika Pertama
- Sony Tarik Kembali 100.000 Baterai Notebook
- Google, Microsoft dan Yahoo Ajukan Kebebasan Berekspresi di Internet
- Ambisi MTV Bakal Kalahkan YouTube
- 84% Karyawan Paling Senang Browsing Ketika Sedang Bekerja
- Negara Terancam? Langsung Blokir Website
- Setelah Yahoo, Giliran Xerox Pecat 3.000 Staff
- Makin Marak, Gambar Kekerasan Anak di Internet
- Mana yang Lebih Baik, Hapus Email Atau Tidak?
- Microsoft Pertegas Larangan Pembajakan Software
- Ponsel dan Internet, Bantu Hubungan Pasangan Muda
- 10 Kesalahan Professional IT Sebabkan Kerugian Perusahaan
- Komplotan Remaja Hacker Bikin Grup Bak Teroris
- Kriptografi Kuantum Mengagumkan, Tapi Tak Berguna
- Google Update 40.000 Widget iGoogle
- Intel Kecewa dengan Apple, Nvidia Menang
- Microsoft Siapkan Bahasa Pemrograman ‘M’ dan XAML
- Sistem Linux Buat Tuna Netra Buatan Indonesia
- YouTube Buka Toko Musik Online
- Canggih! Mengubah Lampu Menjadi Jaringan Wi-Fi
- Goodbye Windows Vista, Lifelong XP
- Jika Microsoft dan Cisco Menjadi Partner
- Google Buka-Bukaan Soal Yahoo
- Nokia Siapkan Smartphone Touchscreen Tube
- Hati-Hati, UCSniff Bisa Rekam Pembicaraan Via VOIP
- Yahoo Rilis Yahoo Messenger 9.0 Terbaru
- vPro, Tool Manajemen Dekstop dari Intel
- Google Naik, Brand Microsoft Jatuh
- Wikispaces Sediakan Wiki Gratis Khusus Guru
- Google Pasang Iklan Khusus Aborsi
- Hati-hati, Antivirus Palsu Mulai Marak
- Baru, Situs Penghargaan Bagi Orang Sudah Meninggal
- Google Perluas Akuisisi ke Korea
- IBM Rilis Hardware Khusus untuk Enkripsi
- Eee Box B202, PC Terkecil All-In-One
- Sony Rilis 3 PC Vaio All-In-One
- Google Luncurkan Satelit Mata-Mata GeoEye-1
- MUI : Hormati Kesucian Bulan Ramadhan
- Samsung Kerahkan Tenaga Akuisisi SanDisk
- Baru, Friendster Text Alerts Via Ponsel
- 1 September, Awal Puasa Penuh Hikmat
- Spammer, Culik Bayi lewat Email
- 2009, Pengangguran Indonesia Meningkat Pesat
- Teknologi Masuk Desa, Masih Timpang
- Software Bajakan Rugikan Negara 3,8 Triliun
- Pemerintah Siapkan Ratusan Komputer untuk Sekolah
- Database Agen Intelijen Amerika Bermasalah
- Wakil Barrack Obama Gunakan Voting Pesan Text
- Amerika Tiru Ponsel Televisi Seperti Cina
- Gerhana Bulan Meriahkan Hari Kemerdekaan
- Detail Windows 7 Hadir Mulai Oktober
- Orang Tua Lebih Khawatirkan Video Game Daripada Video Porno
- Yahoo Fire Eagle, Padukan Layanan Offline dan Online
- Poligraf, Alat Deteksi Kebohongan Ryan
- Waspadai Kampanye Email Spam dari Spammer
- 13 Agustus, Ujicoba Siaran TV Digital
- Kebijakan Privacy untuk Iklan Yahoo
- Sebelas Orang Didakwa Kasus Pencurian Lebih Dari 41 Juta Nomor Kartu Kredit dan Debit
- Sebarkan Email Pribadi eks-Manager, Hacker Spanyol dipenjara
- Google Tawarkan Download Musik Secara Gratis di China
- Delicious Mempunyai Alamat Baru
- Google Search Appliance, Mampu Temukan 10 Juta File
- Peringatan Greenpeace untuk Seluruh Perusahaan Elektronik
- Video Game Perpanjang Hidup Pengidap Kanker
- Polisi China Gunakan “Scooter Canggih” Untuk Basmi Penjahat
- Peluncuran VMware Fusion 2
- Modus Baru Pencurian ATM
- Thailand Larang Video Game GTA
- Cuil Alami Masalah Serius
- Kerjasama AMD Dengan ATI
- Windows Live Search, Aplikasi Microsoft untuk Facebook
- ISP Larang Download Lagu Secara Gratis
- China Tolak Tuduhan Senator Amerika
- Penyebar Hoax “Baby Poison” Melalui Youtube Ditahan
- Proyek Internet Habiskan 12 Juta Dollar
- Apple Perbaiki Kelemahan DNS
- Nokia ‘Sumbangkan’ 150 Juta Dollar
- Intel Rencanakan Web 2.0 Untuk Facebook
- Perusahaan Media Italia Gugat YouTube
- Online Crime Maps Diterapkan di United Kingdom
- Radiasi Ponsel Mampu Merusak DNA Manusia
- Waspadai Spam SMS Kampanye Pemilu
- Apple Atasi Hilangnya Pesan Email dari MobileMe
- Micosoft Luncurkan WWT Tandingi Google Sky
- Google Code Tidak Lagi Gunakan Mozilla Public Lincense
- Peluncuran Asus Eee Box Terancam Ditunda
- TV Internet Pertama di Dunia
- Cuil, Search Engine Saingan Google
- YouTube, Strategi Jitu Kampanye Obama
- OpenOffice Menangkan Sourceforge.net Award
- Google Akan Selalu Berikan Enskripsi Untuk Gmail
- Yahoo Akan Bangun Toko Musik Online
- Microsoft Rilis Robot Resepsionis
- Gateway Hentikan Penjualan PC Melalui Website
- Intel Bidik Pasar Embedded dengan Meluncurkan Chip Atom
- MightyMice dan MultiPoint, Solusi Microsoft untuk Pendidikan Negara Berkembang
- Cina Monopoli Internet, Kalahkan Amerika
- Facebook “Bersih-Bersih”
- Lithium, Baterai Mobil Elektrik
- Waspadai Bahaya Charger Murahan
- Singapore Fasilitasi Pelabuhannya dengan WiMax di Laut
- Sosialisasi Internet Traffic Monitor oleh ID-SIRTII
- Digg Akan Dibeli Google?
- Depkominfo Berhasil Menghemat 20% Penggunaan Listrik
- AWARI Dukung Penghabisan Situs Porno
- Telkom Rilis Aplikasi Penyandang Cacat
- Robot Ekpresikan Emosional Manusia
- Tenaga IT Indonesia Masih Buram
- Persaingan Ketat Pendapatan IBM dan Hewlett Packard
- Website Kepresidenan Georgia Mendapat Serangan DDOS
- Thailand Memenangkan Kejuaraan Robot Dunia
- Google Menangkan 70 Persen Pasar Pencarian di Amerika
- Menikmati Penerbangan dengan Wi-Fi
- Kompetisi Mini-Note dan Netbook
- Worm Baru Serang File MP3
- Kerjasama Antara AMD dengan Intel
- Teknologi Futuristic untuk Lansia
- Desain Baru Facebook Versi Beta
- Admin IT Melakukan Pembelaan Atas Tuduhan Merusak Jaringan
- Pendapatan Google Terbesar Dari AdSense
- Keuntungan Microsoft Mengalami Penanjakan
- Nama di Balik Alamat Gmail –Google Calendar
- Segera: Internet Explorer 8 Beta 2 – Firefox 3.1 Codename Shiretoko Alpha 1
- Mouse Diprediksi Tidak Berguna Lagi
- Teknologi TelePresence dari Cisco
- Bug Processor Intel
- Apple, Peringkat Ketiga di Amerika
- Microsoft Launching Game Terbaru
- Peringkat Perusahaan Komputer Terbesar Di Dunia
- Bahaya Ancam Desktop Linux Gnome
- Komunitas IM Buat Chatting Lebih Atraktif
- Telstra Merilis Samsung U900 dan LG KF700
- Rencana Penggabungan AOL
- Movie Streaming Xbox 360
- Intel Optimis Mengenai Pasaran Notebook
- Donasi Software ArchiCAD untuk Kampus
- Blinkx Mudahkan Pencarian Video
- Cyberlink Masuki Dunia Linux
- Kesepakatan YouTube dan Viacom
- Speakapedia Wujudkan Audio Wikipedia
- Google Diprotes Salah Blokir Situs
- Meninggalnya Blogger Tertua di Dunia
- Para Pembuat Battery Notebook Harapkan Hasil Sempurna Untuk 2008
- Pembuatan Animasi Komik Invincible
- Viacom Berselisih Mengenai Rekaman YouTube
- DMC, Saksi Jatuhnya Pesawat Casa N212-200
- ISP Terkenal Berikan Tindakan Keras Terhadap Content Pornografi Anak
- Bug Unix ‘Lengket’ selama 33 Tahun
- Update Browser Cegah Serangan Cyber-Crime
- Yahoo Luncurkan Search Engine yang Menghasilkan Uang
- BOSS, Strategi Open Web Yahoo
- Google Perketat Keamanan Gmail
- Intel Buat Film 3D
- Nominasi Game Terbaik 2008
- Pemotongan Harga Untuk Xbox 360 (20GB)
- Symantec Laporkan Penyerangan Microsoft Word
- Kembalikan Citra Merek Dalam Negeri
- Google Masuki Dunia 3 Dimensi
- Microsoft Blokade Update Windows XP SP3
- Blu-ray Disc 400GB dan Optical Disc 16-Layer
- PlayStation 3 Versus Wii
- Kabar PON Kaltim 2008
- Digital Cooking Guide, Resep Masakan Lengkap
- Pengadilan Perintahkan YouTube untuk Memberikan Viacom Video Log-nya
- Penjualan Microsoft Office Alami Penurunan
- Best New Mobile Phone
- IBM Kembangkan Teknologi Rekam Audio Call Center
- Asimo, Robot Serba Bisa Layaknya Manusia
- Situs Sony Playstation Menjadi Korban Serangan SQL Injection
- Sony Konfirmasi Penarikkan Update Firmware PS3
- Kabar Terbaru Tentang YouTube Privacy
- Akankah Microsoft Memenangkan Yahoo?
- Ratusan Web Site Lithuania Kena Deface
- Google Talk dan iPhone Apple
- Microsoft Hadapi Google dan IBM
- Harddisk Versus SSD
- Core Processor di Masa Depan
- Akhir dari Laboratorium Matahari
- LCD Tingkatkan Global Warming
- Pembelian Linspire oleh Xandros, Menyakiti Hati Mantan CEO Linspire
- Windows Vista SP 1 atau Windows XP SP3
- Google Calendar Menjadi Target Phishing Attacks
- Laptop Versus Desktop
- Firefox Masuk Dalam Guinness World Record
- Minyak Dunia dan Komputer
- Microsoft Release Tabletop Computer
- Intel Hindari Penggunaan Vista
- Google dan Yahoo Gunakan Adobe Flash
- Google Media Server, Aplikasi Yang Dapat Dijalankan TV
- Teknologi Wimbledon 2008
- Apple Release iTunes 7.7 Plus Remote Control
- Microsoft Resmi Hentikan Windows XP
- Google Ad Planner VS ComScore
- Mozilla Membentuk MailCo untuk menolong Thundebird
- Masa Depan Windows XP dan Vista
- Google Akan Luncurkan 'Family Guy' Untuk AdSense
- Bill Gates Tanggalkan Jabatan, 'Quest' Microsoft Tetap Jalan
- Depkominfo Blokir Situs Perjudian
- Browser Peringkat Terbaik
- EMI Music Gugat Hi5 dan YouTube
- Dominasi YouTube di Situs Video Meningkat
- Cisco, IBM, Intel, Juniper dan Microsoft Berkerjasama Lawan Cyber Terror
- Penggabungan Rival Mobile Linux LiPS dan LiMo
- Mozilla Release Firefox 3.1
- AVG Samarkan Traffic Palsu
- Unesco Ciptakan School On Internet di Indonesia
- Masa Depan Microsoft Setelah Bill Gates
- Disney Ciptakan Game Virtual
- ISP Tak Ingin Bocorkan Data User
- Quick Count Dukung Pemilihan Presiden
- Modem Wireless dengan GPS dan Card Reader
- LimitNone Gugat Google Atas Pencurian Rahasia
- Waspadai Sistem Wireless di Rumah Sakit
- CDMA 3G, Lengkapi GSM 3G
- Hacker Serang Situs Pemerintah
- CookiePie Mudahkan Pengguna Gmail
- Bloggers Luncurkan 'Google Bom', Black Campaign untuk McCain
- Koran Cetak Belum Tamat
- Hawk-Eye, Sistem Komputer Wimbledon 2008
- Lenovo Dukung Williams dalam Balap Formula 1
- Meebo Chat, Download Gratis via Web Browser
- Blade.org dari IBM dan Intel Prediksikan Masa Depan Data Center
- Robot Linux Bermain Musik di Arthemis Orchestra
- Laporan Palsu Gempa Bumi Beijing Sebarkan Malware
- Mercedez-Benz Gunakan iPhone Apple
- TV Panasonic VIErA, Berita Elektronik Terbaru
- Persaingan Tanpa Akhir Facebook & MySpace
- Login Google Adsense Down Pagi Ini
- Register.com Lakukan Investigasi Kasus Hijack di Photobucket
- Mampukah Microsoft Mengangkat Yahoo Kembali?
- Skype 4.0, Melihat Video Jadi Mudah
- Google App Engine Down
- Firefox 3.0 V Opera 9.5
- Nokia Luncurkan 2 Product Ponsel Terbarunya
- Steve Jobs Lampaui Bill Gates dalam Fame-O-Meter
- Yahoo Release Rocketmail dan Ymail
- Virtual Screening Room, Ajang Kampanye Film YouTube
- KPPU : Operator Seluler Telah Rugikan Konsumen
- Calon Peringkat Teratas Teknologi Wireless
- MySpace Hadapi Spammer
- AP Terapkan Larangan Mengutip
- Trend Fitur Website dari Google
- ATIS Gmbh Gueher, Alat Sadap Canggih
- Membuat Mimpi Jadi Nyata : The Innoventions Dream Home
- Amazon Hapus Buy Now With 1 Click
- eBay Tambah Teknologi Project Echo
- Email Overloading, Perusahaan Teknologi Pusing
- Facebook Versus ConnectU
- FCC Setujui Merger Radio Satelit Sirius dan XM
- Penangkapan Blogger di Dunia Meningkat
- MySpace Tidak Akan Bangkrut
- Dapatkah Google membantu Yahoo Bertahan?
- Handphone Beresiko Terhadap Ibu Hamil
- Teknologi USB 3.0 dari Intel
- Microsoft Kesal, Google dan Yahoo Setuju
- Seminar Nasional Universitas Diponegoro - Spirit Entrepreneur & Becoming Rich Through Internet
- WiMax Dibuang, 4G Datang
- Microsoft : Optimalkan Otomatisasi Pengecekan Software
- Internet Sumber Masalah?
- HP Perluas Pasar PC TouchSmart
- Google VS Apple
- "Fire In The Hole", Era Kriminalitas YouTube
- Televisi Regional, Berita Terbaru Indonesia-Malaysia
- Smartphone Juga Bisa Untuk Wanita
- Google Trends, ‘Mesin’ Pembanding Kata
- Detektor Tsunami
- Pembatasan Iklan Luar Negeri, Mungkinkah?
- Amazon Down untuk Kedua Kalinya
- Microsoft Lakukan 7 Patch Security Update
- Roadrunner, SuperComputer 3MW
- Community Choice Awards, Penghargaan Open Source Terbaik
- E-Trade dan Blackberry
- Google dan Privacy Policy
- Amazon Hidup Lagi Setelah Dua Jam Down
- Virtualisasi Disney World oleh Google Earth
- Alat Pengontrol Kereta Api dari Stikom Surabaya
- SanDisk Targetkan Solid-State Drive untuk PC Murah
- Gates : 'IE8 Beta 2 Akan Release Bulan Agustus'
- Wi-Fi VS Bluetooth?
- Clarion Ciptakan Prototipe Baru
- SpiralFrog dan EMI Music, Download Musik Gratis
- MSN Tawari Hollywood Buat Situs Baru
- Safari Web Browser, Mudah Diserang Carpet Bombing
- Live Search, Kerja Sama Microsoft dan HP
- Tekanan Air, Penyebab Api Universal Studio Sulit Dipadamkan
- Universal Studio Terbakar
- Kompas.com Reborn, Setelah Memenangi Cakram Award & New Wave Marketing Award
- Social Bookmarking oleh Microsoft
- Microsoft Targetkan Penjualan Windows Mobile Naik 50%
- Yahoo vs Spammer
- American Idol Fans Pecahkan Rekor
- Facebook Melepaskan Google Friend Connect
- YouTube Membajak?
- AT&T Rencanakan Jaringan 3G Kecepatan 20Mbps Tahun Depan
- Microsoft Setujui Windows untuk OLPC Laptop
- Microsoft Membuat Penawaran Baru untuk Yahoo
- CBS Akuisisi CNET Networks $1,8 milyar dollar
- Microsoft Targetkan 40% Pangsa Smartphone Tahun 2012
- Apple iPhone 3G – Release on June
- Microsoft Berpeluang Menaikkan Tawarannya Atas Yahoo
- Amazon.com Berikan Ganti $50 untuk Pembeli HD-DVD
- Kini Giliran Indonesia Blocking YouTube
- Yahoo Luncurkan Situs untuk Wanita Dewasa
- Pemblokiran Situs, Kelemahan Bangsa atau Langkah Preventif?
- Roy Suryo Angkat Bicara Tentang Rencana Pemblokiran Situs-Situs Porno
- Kejahatan Teknologi Informasi
- Wi-Fi dan 3G dalam Generasi Jaringan Nirkabel
- Yahoo & Microsoft Akhirnya Bertemu
- China Blocks YouTube Access
- EPEAT Keluarkan Ratifikasi Electronic
- Jepang Paksa Apple Selidiki Letusan iPod
- Gates Minta Konggres Mengijinkan Lebih Banyak Pekerja Asing
- Fallen of The Richest Man in The World
- AOL Resmi Akuisisi Bebo
- Disney Targetkan $1 Milliar Dollar dari Online
- Wal-Mart Hentikan Penjualan Komputer Linux
- Yahoo Naikkan Bonus Tahunan Top Eksekutifnya
- ITB - Telkomsel Wujudkan Layanan Content Akademik Melalui T-Cash
- Atom Intel Processor : Nettops dan Netbook
- Microsoft Potong Harga Jual Vista
- Release HD-DVD Terakhir dari Paramount Picture
- MySpace Duet dengan MTV Gelar MySpace Chart
- Uni Eropa Kenai Sanksi Microsoft $1,35 Milliar
- Koneksi Internet Speedy Ke Luar Negeri Terganggu
- 10 Persen Traffic Telkom Speedy Dialihkan Via Satelit dan Radio
- YouTube Tuding Pakistan Atas 2 Jam Gangguan Aksesnya
- Asus Eee di Mata Kompetitor
- Implementasi Pilot Project Siaran Digital Indonesia
- Upgrade 5GB Media Storage Windows Live SkyDrive Service
- Medical Record Service dari Google
- Pakistan Berlakukan Larangan Akses YouTube
- Kemenangan Blu-ray Akhiri Riwayat HD-DVD
- Gates, Tentang Ambisinya Terhadap Yahoo
- Open Game Development dari Microsoft
- Konsep dan Perancangan Database
- Blu-ray Kuasai Pasar High-definition Video di Seluruh Wal-Mart
- Pemerintah akan Mengefesiensikan Kanal dengan Sistem Digital
- DreamSpark Microsoft untuk Pelajar di 10 Negara
- Motorola Gandeng Nortel Atasi Permasalahannya
- Reshuffle Top Executive Microsoft
- TV One, Stasiun Televisi Informatif Edukatif
- Yahoo Jajaki Kerjasama dengan News Corp.
- Gangguan Akses BlackBerry Disebabkan Upgrade
- BlackBerry Mengalami Gangguan Akses
- Yahoo Resmi Tolak Tawaran $44,6 milliar dollar Microsoft
- ARM akan Pamerkan Demo Desain Android
- Facebook, Spanish Version
- Dell Hentikan Pemakaian AMD pada Banyak Komputernya
- Yahoo Tolak Harga Saham dari Microsoft
- Akhirnya Pemerintah Turunkan Tarif Interkoneksi
- Depkominfo Akan Buat Kebijakan Efesiensi Kerja Operator
- Saham Google Jatuh
- Microsoft Akan Rela Meminjam Uang Demi Yahoo
- m-Komik Telkomsel, Babak Baru Komik Indonesia
- Depkominfo Persiapkan Sistem Peringatan Dini untuk Ketahanan Pangan Nasional
- Dua Kabel Telekomunikasi di Bawah Laut Putus
- Pemakaian Email untuk Memilih Pemenang Oscar 2008
- Indikasi Perkembangan ICT di Indonesia
- Microsoft – Yahoo, Akuisisi yang Melahirkan Babak Baru
- Penemuan Biochip Pengganti Hewan Eksperimen
- Pihak Perusahaan Music Sangkal Dukungan Terhadap Qtrax
- Pengunduran Diri CEO eBay, Meg Whitman
- MySpace dan BBC Menyepakati Video Sharing
- World Wide Web Consortium (W3C) Release Draft HTML 5
- Google Jajaki Malaysia untuk Markas Barunya
- Uni Eropa Mengusulkan IP Address Digolongkan Sebagai Personal Data
- T-Cash, Cara Baru Bayar Belanja dari Telkomsel
- Menkominfo Dukung Peran LSF dalam Menjaga Nilai Moral Bangsa
- Tony Scott, dari Disney ke Microsoft
- Dampak Laju Inflasi 2008 terhadap IT
- Larangan Akses YouTube di Turki
- Peningkatan Online Community di China
- Toshiba Memotong Harga Jual HD DVD Player
- Google Memfasilitasi Pemakai iPhone
- Peningkatan Kesadaran Terhadap Personal Information Privacy
- Sony Menghentikan Produksi PlayStation 3 versi 20 GB dan 60 GB
- Solar-Powered Laptop & Electronics Charger
- MySpaces Menyetujui Langkah Perlindungan Untuk Anak di Bawah Umur
- Gates : Semua Tentang Software
- CEO General Motors : Masih Dibutuhkan 10 Kali Lipat Station Ethanol di Amerika
- Gempa 6,7 SR Guncang NTB
- Janji Digitalisasi Medical Record oleh Hillary Clinton
- Intel Akhirnya Hengkang dari OLPC Project
- Larangan Membawa Battery dalam Bagasi Pesawat
- Lagi, Situs Social Networking Dijual
- Apple dan Google, Paling Bersinar Sepanjang 2007
- FCC Mengumumkan Peserta Lelang Wireless Spectrum 700 MHz
- Lonjakan Belanja Terhebat di Amazon
- Daftar Alamat Situs Berita
- OLPC Berdayakan Anak-Anak Peru
- Google Knol, Pesaing Baru Wikipedia
- Negara Penjual Laptop Termurah
- Penjualan 2 Pulau Melalui Internet
- Toshiba Masuki Bisnis Solid State Drive (SSD)
- Pembangunan Supercomputer Iran di Tengah Blokade Amerika
- Rekor MURI di Yogyakarta menggunakan Projector Papan Atas BenQ SP 831
- Andil IT dalam Pemanasan Global - bag 2
- Andil IT dalam Pemanasan Global
- Teknologi Powertune System dan Self Tuning Gitar
- Sertifikasi Profesional dari Microsoft
- Berita IT : Indonesia Linux Conference 2007
- Berita IT : Gutsy Gibbon Release Party 2007 - bag 3
- Berita IT : Gutsy Gibbon Release Party 2007 - bag 2
- Berita IT : Gutsy Gibbon Release Party 2007 - bag 1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar